9 ASPEK USAHA
A. PELUANG USAHA BARU
Peluang usaha baru adalah sebuah
kesempatan untuk kita dalam mengembangkan usaha dalam melihat hal hal yang
positif yang ada untuk dimanfaatkan dalam pengembangan usaha yang dimiliki.
Peluang usaha baru lebih menitik beratkan pada kemampuan individual atau suatu
team yang dapat mengambil kesempatan tersebut dengan memperlihatkan kelebihan
skill profesionalisme yang dimiliki.
Peluang usaha sangat banyak disekitar kita. Mulai
dari usaha bermodal keringat sampai usaha yang memerlukan modal tidak sedikit.
Dari usaha jual obat dipinggir jalan sampai jual obat di mall dan apotek.
Seperti kata pepatah, orang malas menunggu peluang, orang rajin mencari
peluang, orang cerdik membuat peluang. Karma tanpa mencoba, peluang itu tidak ada.
Jadi peluang usaha dapat di buat sendiri. Tentu saja peluang usaha baru bias
dalam ruang lingkup kecil atau bahkan berskala internasional.
Dalam peluang usaha baru ini, Uda Zainal termasuk
pengusaha warung pertama di sekitar wilayah Gang nazar, tentu saja di ikutin
dengan beberapa orang. Namun tidak selengkap warung Uda Zainal ini, Jadi
mungkin
Uda Zainal termasuk ke wirausahawan yang memanfaatkan peluang usaha baru di sekitar wilayah Gang nazar. Dan juga harga barangnya yang lebih murah dari warung baru di sekitarnya, menjadi warung Uda zainal lebih di minati pembeli. Walaupun hanya memiliki 1 warung, uda Zainal lebih memfokuskan pada kelengkapan barang barang yang du jualnya di warung nya
Uda Zainal termasuk ke wirausahawan yang memanfaatkan peluang usaha baru di sekitar wilayah Gang nazar. Dan juga harga barangnya yang lebih murah dari warung baru di sekitarnya, menjadi warung Uda zainal lebih di minati pembeli. Walaupun hanya memiliki 1 warung, uda Zainal lebih memfokuskan pada kelengkapan barang barang yang du jualnya di warung nya
B. PEMBIAYAAN
Dalam arti sempit pembiayaan dipakai untuk mendefinisikan
pendanaan yang dilakukan oleh lembaga pembiayaan seperti bank syariah kepada
nasabah. Sedangkan dalam arti luas Pembiayaan berarti financing atau
pembelanjaan yaitu pendanaan yang dikeluarkan untuk mendukung investasi yang
telah direncanakan, baik dilakukan sendiri maupun dikerjakan oleh orang lain.
Pembiayaan adalah penyediaan uang atau tagihan yang dipersamakan dengan itu,
berdasarkan persetujuan atau kesepakatan antara bank dengan pihak lain yang
mewajibkan pihak yang dibiayai untuk mengembalikan uang atau tagihan tersebut
setelah jangka waktu tertentu dengan imbalan atau bagi hasil.
Tujuan pembiayaan adalah untuk meningkatkan kesempatan
kerja dan kesejahteraan ekonomi. Pembiayaan tersebut harus dapat dinikmati oleh
sebanyak-banyaknya pengusaha yang bergerak dibidang industri, pertanian, dan
perdagangan untuk menunjang kesempatan kerja dan menunjang produksi dan
distribusi barang-barang dan jasa-jasa dalam rangka memenuhi kebutuhan dalam
negeri maupun ekspor.
Dalam hal pembiayaan, Uda Zainal menggunakan uang
pinjaman sebanyak 15 juta rupiah di awal dia berkarier. Dia meminjam uang dari
beberapa saudaranya untuk membangun warung yang berukuran sedang di rumahnya
dan membeli beberapa barang untuk di jual kembali di warungnya. Karena Uda
Zainal meminjam uang dari saudara, dia tidak di berikan jangka waktu untuk
membayarnya. Sekiranya beliau sudah memiliki untung, beliau membayarkannya.
C. PEMASARAN
Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial
di mana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan
menciptakan, menawarkan dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain.
Definisi ini berdasarkan pada konsep inti, yaitu : kebutuhan, keinginan dan
permintaan; produk, nilai, biaya dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan
hubungan; pasar, pemasaran dan pemasar. Adapun tujuan pemasaran adalah mengenal
dan memahami pelanggan sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan
dapat terjual dengan sendirinya. Idealnya pemasaran menyebabkan pelanggan siap
membeli sehingga yang tinggal hanyalah bagaimana membuat produknya tersedia.
Sedangkan proses pemasaran terdiri dari analisa peluang pasar, meneliti dan
memilih pasar sasaran, merancang strategi pemasaran, merancang program
pemasaran, dan mengorganisir, melaksanakan serta mengawasi usaha pemasaran.
Nilai, Biaya dan Kepuasan.
Nilai adalah perkiraan pelanggan tentang kemampuan
total suatu produk untuk memenuhi kebutuhannya. Dalam ini termasuk harga.
Dari penjelasan diatas, Uda Zainal
melakukan pemasaran dengan cara nilai, Biaya dan kepuasan. Karena dia
mengutamakan nilai kualitas bahan bahan yang di jualnya dan memiliki harga yang
masih dapat di bilang murah untuk kawasan gang nazar. Dan yang pasti karena
kelengkapan barang yang di jualnya tentu memberikan kepuasan pada pembeli karena
pembeli tidak perlu mencari lagi jauh jauh ke warung lain.
D. KEPEMILIKAN
Kepemilikan usaha adalah suatu bentuk kegiatan usaha
yang dilihat dari segi pemilik /pendirinya, sumber modalnya, dan tujuan
pendiriannya, sehingga terdapat berbagai macam bentuk kepemilikan suatu usaha.
Dengan demikian setiap bentuk kepemilikan usaha, sesuai dengan visi dan misi
yang dibawa oleh masing-masing usaha tersebut.
Bentuk kepemilikan bisnis yang dikelola oleh
perorangan adalah sejenis badan usaha yang didirikan oleh seorang Warga Negara Indonesia,
sebagai wadah kegiatan usaha untuk mata pencaharian sehari-hari guna menghidupi
diri, anak dan keluarganya.
Seperti namanya, jenis badan usaha ini hanya dimiliki
oleh satu orang saja, sehinga pelaksanaan dan tanggung jawabnya dikuasai oleh
satu orang tersebut, sebagai pemiliknya.
Sama seperti kepemilikan toko Uda Zainal,
toko ini di miliki oleh beliau seorang, tanpa bekerja sama dengan pihak lain.
Beliau mendirikan dan mengelola warung tersebut sendiri beserta keluarga yang
membantu. Dan mungkin saja akan di turunkan kepada anak anaknya kelak nanti.
E. SDM (Sumber Daya Manusia)
Sumber daya manusia atau biasa disingkat menjadi SDM potensi yang terkandung dalam diri
manusia untuk
mewujudkan perannya sebagai makhluk sosial yang adaptif
dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi
yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan
yang seimbang dan berkelanjutan. Dalam pengertian praktis sehari-hari, SDM
lebih dimengerti sebagai bagian integral dari sistem yang membentuk suatu
organisasi. Oleh karena itu, dalam bidang kajian psikologi, para praktisi SDM
harus mengambil penjurusan industri dan organisasi.
Pemanfaatan sumber daya alam melibatkan manusia.
Tantangan manusia Indonesia
sekarang ini adalah mampu menjadi manusia yang berkualitas sehingga dapat
memanfaatkan SDA secara optimal. Sumber daya manusia dapat berupa tenaga kerja
dan kewirausahaan.
Tenaga kerja adalah penduduk yang ikut aktif dalam
kegiatan produksi. Contoh tenaga keraja, yaitu petani yang mengolah tanah atau
sawah agar menghasilkan padi, sayuran, buah, dan hasil pertanian lain.
Mesin-mesin di pabrik membutuhkan tenaga kerja untuk mengoperasikannya.
Toko Uda Zainal tidak memiliki karyawan,
dia hanya mengandalkan keluarganya untuk menjaga tokonya. Karena tokonya tidak
memiliki cabang sama sekali, jadi beliau masih dapat mengaturnya.
F.
ORGANISASI
Organisasi adalah tempat atau wadah dimana
orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana,
terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya,
sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan
efektif untuk mencapai tujuan organisasi. Secara garis besar dapat dipahami
bahwa organisasi merupakan tempat dimana semua anggotanya bekerja sama dalam
mencapai tujuan organisasi tersebut. Kita dapat memahami bahwa organisasi
terbentuk karena adanya dorongan mencapai tujuan bersama, persamaan tujuan
tersebut menyatukan beberapa individu ke dalam suatu kelompok dimana mereka
akan bekerja sama untuk mencapai tujuan mereka. Kita dapat menyimpulkan juga
bahwa elemen-elemen organisasi meliputi anggota, struktur organisasi, aturan,
dan tujuan bersama. Untuk dapat menjadi organisator yang baik kita harus
memahami pengertian organisasi dan memahami tujuan organisasi tersebut.
Organisasi
pun menjadi wadah yang konkrit bagi kita untuk mengaplikasikan semua ilmu yang
kita miliki. Dalam berorganisasi kita dapat merasakan bagaimana kehidupan
bermasyarakat yang sebenarnya. Merasakan dengan nyata bahwa dalam mengatur
organisasi dan kehidupan sosial merupakan ciri kita sebagai manusia yang
beradab.
Secara
sederhana organisasi memiliki tiga unsur, yaitu ada orang, ada kerjasama, dan
ada tujuan bersama. Tiga unsur organisasi itu tidak berdiri sendiri-sendiri,
akan tetapi saling kait atau saling berhubungan sehingga merupakan suatu
kesatuan yang utuh
Toko uda Zainal tidak memiliki organisasi apa apa.
Hanya sekumpulan abg yang berkumpul di depan tokonya.
G. KEPEMIMPINAN
Kepemimpinan adalah
proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam
upaya mencapai tujuan organisasi. Cara alamiah mempelajari
kepemimpinan adalah “melakukanya dalam kerja” dengan praktik seperti pemagangan
pada seorang senima ahli, pengrajin, atau praktisi. Dalam hubungan ini sang
ahli diharapkan sebagai bagian dari peranya memberikan pengajaran/instruksi.
Kepemimpinan
adalah kemampuan seseorang mempengaruhi dan memotivasi orang lain untuk
melakukan sesuatu sesuai tujuan bersama. Kepemimpinan meliputi proses
mempengaruhi dalam menentukan tujuan organisasi, memotivasi perilaku pengikut
untuk mencapai tujuan, mempengaruhi untuk memperbaiki kelompok dan budayanya.
Sedangkan kekuasaan adalah kemampuan untuk mempengaruhi orang lain untuk mau
melakukan pap yang diinginkan pihak lainnya.”The
art of influencing and directing meaninsuch away to abatain their willing
obedience, confidence, respect, and loyal cooperation in order to accomplish
the mission”. Kepemimpinan adalah seni untuk mempengaruhidan
menggerakkan orang – orang sedemikian rupa untuk memperoleh kepatuhan,
kepercayaan, respek, dan kerjasama secara royal untuk menyelesaikan tugas.
Kepemimpinan
Toko uda Zainal bertipe Paternalistik karena sangat bersifat tradisional, dan melingkupi
keluarganya dalam mengatur toko tersebut.
H. EVALUASI USAHA
Evaluasi Usaha adalah Suatu aktivitas untuk melakukan
analisis kinerja suatu usaha bisnis. Evaluasi usaha prinsip dasar utamanya
adalah membandingkan rencana usaha yang telah dibuat sebelum kegiatan dimulai
dengan apa yang telah dicapai pada akhir masa produksi.
Suatu usaha dikatakan
berhasil apabila usaha tersebut dapat memenuhi
kewajiban membayar bunga modal, alat - alat luar yang digunakan,
upah tenaga kerja luar serta sarana produksi yang lain dan
termasuk kewajiban pada pihak ketiga.
Bagi pelaku usaha baik itu Usaha Kecil, Usah Mikro
atau Usaha menengah mengalami kemandegan dalam sebuah usaha tentu merupakan
sesuatu yang tidak diinginkan dan tidak dikehendaki. Tentu setiap orang
menginginkan selalu mengalami kemajuan Usaha dari waktu ke waktu. Akan tetapi
kemandegan dan stagnasi usaha terkadang menjadi sesuatu hal yang tidak bisa
dihindarkan, bahkan terkadang harus mundur beberapa tahap. Banyak hal yang bisa
mempengaruhi kondisi usaha kita, pasar yang mulai lesu, persaingan yang makin
ketat, produktifitas menurun, biaya produksi yang meningkat dan lain-lain.
Bagaimana agar usaha selalu mengalami kemajuan, atau paling tidak tidak surut
ke belakang? Setelah rencana bisnis yang kita buat dengan baik apakah
sudah cukup? tentu tidak kita perlu melakukan evaluasi dan monitoring usaha.
Kuci untuk menuju sukses usaha adalah melakukan evaluasi terhadap usaha yang
sudah dilaksanakan.
Melakukan evaluasi kemajuan usaha
merupakan proses yang berlangsung terus menerus dan berkesinambungan. Evaluasi
berangkat dari kegiatan montoring setiap proses dalam usaha yang dijalankan,
dari hasil monitoring dapat dibuat analisis kemajuan, kemunduran dan pencapaian
apa yang sudah dilaksanakan. Evaluasi dan monitoring bagi seorang enterpreneur
sekaligus menjadi sarana belajar dan proses mengupgrade diri. dalam proses
inibisa jadi ditemukan hal-hal baru dan strategi baru mencapai sukses bisnis.
Evaluasi usaha dari Toko uda zainal hanya ingin
memperbesar ukuran tokonya. Dan memperbanyak barang yang di jualnya.
I.
PENGEMBANGAN USAHA
Pengembangan usaha adalah, tugas
dan proses persiapan analitis tentang peluang pertumbuhan potensial, dukungan
dan pemantauan pelaksanaan peluang pertumbuhan usaha, tetapi tidak termasuk
keputusan tentang strategi dan implementasi dari peluang pertumbuhan usaha
Sedangkan untuk usaha
yang berskala besar dan mapan , terutama di bidang teknologi industri yang
terkait “Pengembangan usaha” istilah yang sering mengacu pada pengaturan dan
mengelola hubungan strategis dan aliansi dengan yang lain, perusahaan pihak
ketiga.
Dalam hal ini perusahaan
dapat memanfaatkan satu sama lain keahlian , teknologi atau kekayaan
intelektual untuk memperluas kapasitas mereka untuk mengidentifikasi, meneliti,
menganalisis dan membawa ke pasar bisnis baru dan produk baru, pengembangan
bisnis berfokus pada implementasi dari rencana bisnis strategis melalui ekuitas
pembiayaan, akuisisi / divestasi teknologi, produk, dan lain – lain .
Usaha toko uda zainal masih dalam perkembangan, dan
masih banyak barang yang yang tidak di milikinya. Namun dari hasil penjualannya,
toko uda zainal berkembang pesat.
KESUKSESAN
USAHA
1) Kebutuhan pokok :
a.
Sandang : Keluarga Uda Zainal secara sandang
sangat terpenuhi.
b.
Pangan : Keluarga Uda Zainal secara Pangan
juga terpenuhi, dia dapat memberi makan ke 3 anaknya.
c.
Papan : Rumah uda Zainal pun
cukup besar, karena dia dapat membuat beberapa kamar untuk kost kostan.
d.
Kesehatan : Uda Zainal dapat menjaga kesehatan
keluarganya.
e.
Pendidikan : ke 3 anak Uda Zainal dapat bersekolah dan
bahkan ada yang lulus kuliah S1.
2) Hutang : Uda Zainal memiliki cicilan mobil yang
dibelinya dalam keadaan bekas.
3) Manfaat untuk orang lain : beliau tidak menggaji
orang lain, tapi dari usahanya beliau cukup membantu masyarakat karena menjual
bermacam macam barang di tokonya.
4) Gaya hidup : beliau cukup sederhana. Meskipun beliau
memiki kendaraan pribadi.
TUGAS
SOFTSKILL
(KEWIRAUSAHAAN)
ANANDA
MALIK HAMKA
2SA03
10611690
Tidak ada komentar:
Posting Komentar