Kamis, 27 Juni 2013

Makalah Individu:Analisa penggusaha sukses



9 ASPEK USAHA
A.  PELUANG USAHA BARU
Peluang usaha baru adalah sebuah kesempatan untuk kita dalam mengembangkan usaha dalam melihat hal hal yang positif yang ada untuk dimanfaatkan dalam pengembangan usaha yang dimiliki. Peluang usaha baru lebih menitik beratkan pada kemampuan individual atau suatu team yang dapat mengambil kesempatan tersebut dengan memperlihatkan kelebihan skill profesionalisme yang dimiliki.

Peluang usaha sangat banyak disekitar kita. Mulai dari usaha bermodal keringat sampai usaha yang memerlukan modal tidak sedikit. Dari usaha jual obat dipinggir jalan sampai jual obat di mall dan apotek. Seperti kata pepatah, orang malas menunggu peluang, orang rajin mencari peluang, orang cerdik membuat peluang. Karma tanpa mencoba, peluang itu tidak ada. Jadi peluang usaha dapat di buat sendiri. Tentu saja peluang usaha baru bias dalam ruang lingkup kecil atau bahkan berskala internasional.

Dalam peluang usaha baru ini, Uda Zainal termasuk pengusaha warung pertama di sekitar wilayah Gang nazar, tentu saja di ikutin dengan beberapa orang. Namun tidak selengkap warung Uda Zainal ini, Jadi mungkin
Uda Zainal termasuk ke wirausahawan yang memanfaatkan peluang usaha baru di sekitar wilayah Gang nazar. Dan juga harga barangnya yang lebih murah dari warung baru di sekitarnya, menjadi warung Uda zainal lebih di minati pembeli. Walaupun hanya memiliki 1 warung, uda Zainal lebih memfokuskan pada kelengkapan barang barang yang du jualnya di warung nya




B.  PEMBIAYAAN
Dalam arti sempit pembiayaan dipakai untuk mendefinisikan pendanaan yang dilakukan oleh lembaga pembiayaan seperti bank syariah kepada nasabah. Sedangkan dalam arti luas Pembiayaan berarti financing atau pembelanjaan yaitu pendanaan yang dikeluarkan untuk mendukung investasi yang telah direncanakan, baik dilakukan sendiri maupun dikerjakan oleh orang lain. Pembiayaan adalah penyediaan uang atau tagihan yang dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak yang dibiayai untuk mengembalikan uang atau tagihan tersebut setelah jangka waktu tertentu dengan imbalan atau bagi hasil.

Tujuan pembiayaan adalah untuk meningkatkan kesempatan kerja dan kesejahteraan ekonomi. Pembiayaan tersebut harus dapat dinikmati oleh sebanyak-banyaknya pengusaha yang bergerak dibidang industri, pertanian, dan perdagangan untuk menunjang kesempatan kerja dan menunjang produksi dan distribusi barang-barang dan jasa-jasa dalam rangka memenuhi kebutuhan dalam negeri maupun ekspor.

Dalam hal pembiayaan, Uda Zainal menggunakan uang pinjaman sebanyak 15 juta rupiah di awal dia berkarier. Dia meminjam uang dari beberapa saudaranya untuk membangun warung yang berukuran sedang di rumahnya dan membeli beberapa barang untuk di jual kembali di warungnya. Karena Uda Zainal meminjam uang dari saudara, dia tidak di berikan jangka waktu untuk membayarnya. Sekiranya beliau sudah memiliki untung, beliau membayarkannya.







C.  PEMASARAN
Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial di mana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain. Definisi ini berdasarkan pada konsep inti, yaitu : kebutuhan, keinginan dan permintaan; produk, nilai, biaya dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan; pasar, pemasaran dan pemasar. Adapun tujuan pemasaran adalah mengenal dan memahami pelanggan sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya. Idealnya pemasaran menyebabkan pelanggan siap membeli sehingga yang tinggal hanyalah bagaimana membuat produknya tersedia. Sedangkan proses pemasaran terdiri dari analisa peluang pasar, meneliti dan memilih pasar sasaran, merancang strategi pemasaran, merancang program pemasaran, dan mengorganisir, melaksanakan serta mengawasi usaha pemasaran.

Nilai, Biaya dan Kepuasan.
Nilai adalah perkiraan pelanggan tentang kemampuan total suatu produk untuk memenuhi kebutuhannya. Dalam ini termasuk harga.

Dari penjelasan diatas, Uda Zainal melakukan pemasaran dengan cara nilai, Biaya dan kepuasan. Karena dia mengutamakan nilai kualitas bahan bahan yang di jualnya dan memiliki harga yang masih dapat di bilang murah untuk kawasan gang nazar. Dan yang pasti karena kelengkapan barang yang di jualnya tentu memberikan kepuasan pada pembeli karena pembeli tidak perlu mencari lagi jauh jauh ke warung lain.






D.  KEPEMILIKAN
Kepemilikan usaha adalah suatu bentuk kegiatan usaha yang dilihat dari segi pemilik /pendirinya, sumber modalnya, dan tujuan pendiriannya, sehingga terdapat berbagai macam bentuk kepemilikan suatu usaha. Dengan demikian setiap bentuk kepemilikan usaha, sesuai dengan visi dan misi yang dibawa oleh masing-masing usaha tersebut.
Bentuk kepemilikan bisnis yang dikelola oleh perorangan adalah sejenis badan usaha yang didirikan oleh seorang Warga Negara Indonesia, sebagai wadah kegiatan usaha untuk mata pencaharian sehari-hari guna menghidupi diri, anak dan keluarganya.
Seperti namanya, jenis badan usaha ini hanya dimiliki oleh satu orang saja, sehinga pelaksanaan dan tanggung jawabnya dikuasai oleh satu orang tersebut, sebagai pemiliknya.

Sama seperti kepemilikan toko Uda Zainal, toko ini di miliki oleh beliau seorang, tanpa bekerja sama dengan pihak lain. Beliau mendirikan dan mengelola warung tersebut sendiri beserta keluarga yang membantu. Dan mungkin saja akan di turunkan kepada anak anaknya kelak nanti.















E.  SDM (Sumber Daya Manusia)
Sumber daya manusia atau biasa disingkat menjadi SDM potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai makhluk sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan. Dalam pengertian praktis sehari-hari, SDM lebih dimengerti sebagai bagian integral dari sistem yang membentuk suatu organisasi. Oleh karena itu, dalam bidang kajian psikologi, para praktisi SDM harus mengambil penjurusan industri dan organisasi.
Pemanfaatan sumber daya alam melibatkan manusia. Tantangan manusia Indonesia sekarang ini adalah mampu menjadi manusia yang berkualitas sehingga dapat memanfaatkan SDA secara optimal. Sumber daya manusia dapat berupa tenaga kerja dan kewirausahaan.
Tenaga kerja adalah penduduk yang ikut aktif dalam kegiatan produksi. Contoh tenaga keraja, yaitu petani yang mengolah tanah atau sawah agar menghasilkan padi, sayuran, buah, dan hasil pertanian lain. Mesin-mesin di pabrik membutuhkan tenaga kerja untuk mengoperasikannya.

Toko Uda Zainal tidak memiliki karyawan, dia hanya mengandalkan keluarganya untuk menjaga tokonya. Karena tokonya tidak memiliki cabang sama sekali, jadi beliau masih dapat mengaturnya.











F.   ORGANISASI
Organisasi adalah tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya, sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi. Secara garis besar dapat dipahami bahwa organisasi merupakan tempat dimana semua anggotanya bekerja sama dalam mencapai tujuan organisasi tersebut. Kita dapat memahami bahwa organisasi terbentuk karena adanya dorongan mencapai tujuan bersama, persamaan tujuan tersebut menyatukan beberapa individu ke dalam suatu kelompok dimana mereka akan bekerja sama untuk mencapai tujuan mereka. Kita dapat menyimpulkan juga bahwa elemen-elemen organisasi meliputi anggota, struktur organisasi, aturan, dan tujuan bersama. Untuk dapat menjadi organisator yang baik kita harus memahami pengertian organisasi dan memahami tujuan organisasi tersebut.
Organisasi pun menjadi wadah yang konkrit bagi kita untuk mengaplikasikan semua ilmu yang kita miliki. Dalam berorganisasi kita dapat merasakan bagaimana kehidupan bermasyarakat yang sebenarnya. Merasakan dengan nyata bahwa dalam mengatur organisasi dan kehidupan sosial merupakan ciri kita sebagai manusia yang beradab.
Secara sederhana organisasi memiliki tiga unsur, yaitu ada orang, ada kerjasama, dan ada tujuan bersama. Tiga unsur organisasi itu tidak berdiri sendiri-sendiri, akan tetapi saling kait atau saling berhubungan sehingga merupakan suatu kesatuan yang utuh
Toko uda Zainal tidak memiliki organisasi apa apa. Hanya sekumpulan abg yang berkumpul di depan tokonya.





G. KEPEMIMPINAN
Kepemimpinan adalah proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Cara alamiah mempelajari kepemimpinan adalah “melakukanya dalam kerja” dengan praktik seperti pemagangan pada seorang senima ahli, pengrajin, atau praktisi. Dalam hubungan ini sang ahli diharapkan sebagai bagian dari peranya memberikan pengajaran/instruksi.
Kepemimpinan adalah kemampuan seseorang mempengaruhi dan memotivasi orang lain untuk melakukan sesuatu sesuai tujuan bersama. Kepemimpinan meliputi proses mempengaruhi dalam menentukan tujuan organisasi, memotivasi perilaku pengikut untuk mencapai tujuan, mempengaruhi untuk memperbaiki kelompok dan budayanya. Sedangkan kekuasaan adalah kemampuan untuk mempengaruhi orang lain untuk mau melakukan pap yang diinginkan pihak lainnya.”The art of influencing and directing meaninsuch away to abatain their willing obedience, confidence, respect, and loyal cooperation in order to accomplish the mission”. Kepemimpinan adalah seni untuk mempengaruhidan menggerakkan orang – orang sedemikian rupa untuk memperoleh kepatuhan, kepercayaan, respek, dan kerjasama secara royal untuk menyelesaikan tugas.
Kepemimpinan Toko uda Zainal bertipe Paternalistik karena sangat bersifat tradisional, dan melingkupi keluarganya dalam mengatur toko tersebut.






H.  EVALUASI USAHA
Evaluasi Usaha adalah Suatu aktivitas untuk melakukan analisis kinerja suatu usaha bisnis. Evaluasi usaha prinsip dasar utamanya adalah membandingkan rencana usaha yang telah dibuat sebelum kegiatan dimulai dengan apa yang telah dicapai pada akhir masa produksi.

 Suatu  usaha  dikatakan  berhasil  apabila usaha  tersebut  dapat  memenuhi  kewajiban membayar bunga modal,  alat - alat luar yang digunakan,  upah  tenaga kerja  luar serta sarana produksi yang lain dan  termasuk  kewajiban  pada  pihak  ketiga.
           
Bagi pelaku usaha baik itu Usaha Kecil, Usah Mikro atau Usaha menengah mengalami kemandegan dalam sebuah usaha tentu merupakan sesuatu yang tidak diinginkan dan tidak dikehendaki. Tentu setiap orang menginginkan selalu mengalami kemajuan Usaha dari waktu ke waktu. Akan tetapi kemandegan dan stagnasi usaha terkadang menjadi sesuatu hal yang tidak bisa dihindarkan, bahkan terkadang harus mundur beberapa tahap. Banyak hal yang bisa mempengaruhi kondisi usaha kita, pasar yang mulai lesu, persaingan yang makin ketat, produktifitas menurun, biaya produksi yang meningkat dan lain-lain. Bagaimana agar usaha selalu mengalami kemajuan, atau paling tidak tidak surut ke belakang?  Setelah rencana bisnis yang kita buat dengan baik apakah sudah cukup? tentu tidak kita perlu melakukan evaluasi dan monitoring usaha. Kuci untuk menuju sukses usaha adalah melakukan evaluasi terhadap usaha yang sudah dilaksanakan.

Melakukan evaluasi kemajuan usaha merupakan proses yang berlangsung terus menerus dan berkesinambungan. Evaluasi berangkat dari kegiatan montoring setiap proses dalam usaha yang dijalankan, dari hasil monitoring dapat dibuat analisis kemajuan, kemunduran dan pencapaian apa yang sudah dilaksanakan. Evaluasi dan monitoring bagi seorang enterpreneur sekaligus menjadi sarana belajar dan proses mengupgrade diri. dalam proses inibisa jadi ditemukan hal-hal baru dan strategi baru mencapai sukses bisnis.

Evaluasi usaha dari Toko uda zainal hanya ingin memperbesar ukuran tokonya. Dan memperbanyak barang yang di jualnya.
































I.      PENGEMBANGAN USAHA
Pengembangan usaha adalah, tugas dan proses persiapan analitis tentang peluang pertumbuhan potensial, dukungan dan pemantauan pelaksanaan peluang pertumbuhan usaha, tetapi tidak termasuk keputusan tentang strategi dan implementasi dari peluang pertumbuhan usaha
Sedangkan untuk usaha yang berskala besar dan mapan , terutama di bidang teknologi industri yang terkait “Pengembangan usaha” istilah yang sering mengacu pada pengaturan dan mengelola hubungan strategis dan aliansi dengan yang lain, perusahaan pihak ketiga.
Dalam hal ini perusahaan dapat memanfaatkan satu sama lain keahlian , teknologi atau kekayaan intelektual untuk memperluas kapasitas mereka untuk mengidentifikasi, meneliti, menganalisis dan membawa ke pasar bisnis baru dan produk baru, pengembangan bisnis berfokus pada implementasi dari rencana bisnis strategis melalui ekuitas pembiayaan, akuisisi / divestasi teknologi, produk, dan lain – lain . 
Usaha toko uda zainal masih dalam perkembangan, dan masih banyak barang yang yang tidak di milikinya. Namun dari hasil penjualannya, toko uda zainal berkembang pesat.








KESUKSESAN USAHA
1)     Kebutuhan pokok :
a.      Sandang       : Keluarga Uda Zainal secara sandang sangat terpenuhi.
b.      Pangan          : Keluarga Uda Zainal secara Pangan juga terpenuhi, dia dapat memberi makan ke 3 anaknya.
c.      Papan                        : Rumah uda Zainal pun cukup besar, karena dia dapat membuat beberapa kamar untuk kost kostan.
d.      Kesehatan    : Uda Zainal dapat menjaga kesehatan keluarganya.
e.      Pendidikan   : ke 3 anak Uda Zainal dapat bersekolah dan bahkan ada yang lulus kuliah S1.
2)     Hutang : Uda Zainal memiliki cicilan mobil yang dibelinya dalam keadaan bekas.
3)     Manfaat untuk orang lain : beliau tidak menggaji orang lain, tapi dari usahanya beliau cukup membantu masyarakat karena menjual bermacam macam barang di tokonya.
4)     Gaya hidup : beliau cukup sederhana. Meskipun beliau memiki kendaraan pribadi.








TUGAS SOFTSKILL
(KEWIRAUSAHAAN)
ANANDA MALIK HAMKA
2SA03
10611690

Tidak ada komentar:

Posting Komentar