Selasa, 21 Januari 2014

KADALUARSA?

tanggal kadaluarsa adalah tanggal dimana produk makanan mencapai batas layak makannya. setiap makanan di dalam kemasan harus memiliki tanggal kadaluarsa. karna biasanya makanan dalam kemasan di produksi secara massal untuk masyarakat banyak, dan kita tidak dapat melihatnya karena makanan berada di dalam kemasan. namun apakah setiap tanggal makanan menujukan tanggal yang tepat dimana makanan sudah tak layak makan? menurut pengelaman saya, sebuah tanggal kadaluarsa sangat tidak sesuai dengan jangka waktu sebuah makanan kecil. saya ingat pada tanggal 18 januari 2014, saya membeli sebuah permen coklat yang sangat saya sudah kenal sejak kecil di minimarket dekat tempat tinggal sayang yang sudah sangat terkenal oleh karena itu saya membelinya tanpa melihat tanggal kadaluarsanya. setelah saya membayar di kasir dan saya membukanya, ternyata warna permen tersebut sudah nampak pudar dan rasanya pun sudah tidak enak. saya nampak ragu kalau permen coklat itu masih layak makan. namun ketika saya melihat tanggal kadaluarsa permen tersebut, menunjukan angka 022014 yang berarti bulan 2 (Februari) 2014. yang jika kita hitung sekitar 2 minggu menuju tanggal kadaluarsanya, namun ketika saya perhatikan dan rasakan permen tersebut, sudah bisa dibilang tak layak makan. saya tidak menindak lanjuti kesalahan ini karena saya tidak mengerti siapa yang salah di dalam kasus ini, apakah pihak minimarket yang menjual karena tidak memerhatikan makanan yang hampir mencapai tanggal kadaluarsa, atau pihak pabrik yang tidak tepat dalam memberikan tanggal kadaluarsa. namun saya akan mencoba melakukan survey di minimarket tempat yang saya beli dan melihat beberapa makanan yang di jual. yang pasti hal ini merupakan pertanyaan besar yang seharusnya segera di jawab, dan tentunya harus seger di tindak lanjuti karena banyaknya minimarket merupakan alasan banyak masayarakat mengonsumsi makanan dalam kemasan. dan jika tidak di tindak lanjuti, banyak konsumen yang mungkin mengalami keracunan makanan yang terkadang menyebabkan kematian. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar