Minggu, 12 Januari 2014

siapa yang tidak tahu makanan agar agar. semua orang pasti tahu. banyak orang menyukai agar agar karna rasanya yang bisa di buat sesuai selera. dan teksturnya yang kenyal sangat mudah dimakan untuk siapa saja. selain rasanya enak, agar agar juga bermanfaat untuk pencernaan karena menggunakan bahan rumput laut.
agar agar memiliki banyak variasi. saya pun ingin mencoba berbagi variasi tambahan di dalam daftar agar agar. resep agar batik ini saya dapatkan dari tante saya. dan saya rasa cukup unik karena saya belum pernah   mendengar ada agar agar bernaman agar batik.
langkah-langkah membuat ager batik

bahan bahan :
-agar agar 4 sachette
-800ml
-satu kaleng susu kental manis vanila
-coklat batangan pahit
-gula

peralatan :
-2 buah panci
-satu buah loyang besar

Pertama bagi air 800ml kedalam dua panci, menjadi 400ml per panci lalu panaskan air di panci. setelah panas masukan agar agar 2 sachette tiap panci sambil di aduk. lalu masukan panci satu dengan sekaleng susu kental vanila dan masukkan secukupnya hingga larutan agar berubah coklat gelap. lalu masukan gula jangan terlalu banyak ke dalam larutan agar agar, karena susu vanilanya sudah memberikan rasa manis.siapkan loyang agar agar atau kue jika kurang besar. setelah panas angkat kedua panci larutan agar. gunakan sendok makan lalu sendok larutan agar di panci sedikit demi sedikit dan bergantian perlahan lahan. dalam membuat agar batik sangat di butuhkan banyak kesabaran agar corak warna agar batik tidak bercampur. jangan lupa untuk terus menghangatkan larutan agar agar, supaya tidak membeku sebelum jadi. setelah seluruh larutan agar agar sudah di tuang dengan sendok, masukan loyang ke dalam lemari es dan tunggu hingga dingin. voila, agar batik yang cantik siap di sajikan perpotong agar sisi dari coraknya terlihat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar